Sunday, June 28, 2015

Atasi Lemot Pada Android

asrofims.com - Problem pada android yang dominan dialami oleh sebagian orang adalah semakin melambatnya performa perangkat android mereka dari waktu ke waktu.Mungkin masalah ini juga terjadi pada diri anda.Mengapa masalah ini bisa terjadi?  dan bagaimana cara mengatasinya?.Sebelum membahas cara mengatasi masalah ini , saya akan sedikit memberikan gambaran kenapa kok android itu bisa ngadat alias lemot.( BACA JUGA : Menghemat Konsumsi Baterai Smartphone Android )



Kinerja android sangat ditentukan dengan kapasitas RAM dan Processor , ditambah lagi dengan GPU nya.Tapi menurut saya pribadi RAM dan Processor menjadi prioritas tersendiri dalam menangani masalah kecepatan dalam memproses data pada android.Apabila kapasitas ruang pada RAM terlalu penuh , maka proses akan menjadi lambat;  namun sebaliknya apabila longgar kinerja perangkat akan stabil.Begitu juga dengan processor, semakin tinggi core pada Processor akan semakin bagus dalam bekerja.Oleh sebab itu perangkat dengan RAM dan Processor dengan spesifikasi tinggi akan menjadi sangat mahal dibanding dengan yang lain.

Android menjadi lambat (lemot) dikarenakan banyaknya proses yang berjalan dalam satu waktu.Hal ini mengakibatkan kinerja sistem menjadi berat.Apabila peningkatan kinerja ini tidak didampingi dengan kualitas hardware yang memadai , maka bisa dipastikan akan terjadi lag pada sistem yang umumnya disebut ngadat , lemot , lola ,atau lambat.

Dengan penjelasan tersebut , tentunya kita bisa membuat kesimpulan mengenai masalah yang mengakibatkan perangkat android kita menjadi lambat (lemot).Kemudian bagaimana cara untuk mengatasi masalah ini? apakah saya harus membeli perangkat baru? Tentunya tidak.Beberapa cara ini mungkin bisa membantu anda dalam mengatasi masalah ini,



  • Jangan menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan.


Ini merupakan tindakan paling berpengaruh untuk mengatasi lemot pada android.Menjalankan aplikasi secara bersamaan berakibat pada penggunaan RAM yang berlebih.Tentunya hal ini akan berdampak pada kinerja sistem yang semakin berat.Secara otomatis , perangkat anda akan melambat apabila tidak di imbangi dengan kualitas hardware yang memadai.



  • Hapus File Cache Pada Memori Internal.


File Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android.File ini akan terus ada ketika kita menjalankan aplikasi yang kita Install pada Android.File ini sangat tidak baik bagi performa android dikarenakan akan membebani sistem apabila dibiarkan secara terus-menerus.Cara yang paling mudah menghilangkan file ini adalah dengan menggunakan Clean Master , anda bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi tersebut di Play Strore.Ingin lebih mengetahui fungsi Clean Master silahkan baca artikel Backup Aplikasi Android Dengan Mudah


  • Usahakan menghapus File SMS yang tidak penting.


File SMS yang dibiarkan menumpuk akan membuat kinerja sistem android menjadi berat,Lakukan penghapusan file SMS yang bagi anda sudah tidak penting secara berkala.Hal ini akan meminimalisir terjadinya Lag pada sistem android.



  • Tutup Aplikasi Yang sudah tidak Dipakai (Background).


Anda mungkin sering lupa bahwa sebagian aplikasi yang anda gunakan akan tetap berjalan pada proses background meskipun ditutup.Proses ini tentunya memakan RAM yang lumayan banyak apabila aplikasi yang anda buka juga banyak.Untuk mengatasi hal ini , anda bisa melihat pada tampilan Recent App anda , kemudian silahkan anda Close aplikasi yang sudah tidak dipakai lagi.



  • Jangan Gunakan Live Wallpaper


Live Wallpaper , saya sering menyebutnya wallpaper hidup.Kenapa hidup? karena bisa gerak sendiri.Saya sarankan tidak usah menggunakan Live Wallpaper ,  cukup menggunakan wallpaper biasa.Kenapa demikian? Tentunya sudah bisa dipastikan , Live Wallpaper akan memakan RAM anda apabila digunakan terus - menerus.

Mungkin video ini juga bisa membantu anda :



Itulah tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga android anda agar tidak lemot.Mungkin ada tambahan ? silahkan cantumkan di kolom komentar dibawah.Sekian Artikel kali ini , Terima kasih!.
Load disqus comments

0 comments