Tuesday, June 30, 2015

Cara Mudah Partisi SDcard

asrofims.com - Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai masalah pembagian ruang pada memori card eksternal atau dalam bahasa kerennya adalah partisi SDcard.Apa itu partisi , dan kenapa langkah ini diperlukan? Mari kita bahas terlebih dahulu guna menambah wawasan sebelum bertindak ke tahap selanjutnya.

cara mudah partisi SDcard


Proses partisi kurang lebih merupakan salah satu tindakan pengelolaan (pembagian/pemisahan , penyatuan ,  penyekatan) media penyimpanan data.Proses ini lazimnya dilakukan untuk harddisk komputer (mungkin yang anda kenal berupa label local disk C,D,E,F dsb) , dan bisa dilakukan di beberapa media penyimpanan , misalkan flashdisk (flashdrive) , SD card , dan mungkin ada lainnya.

Kenapa partisi diperlukan? partisi diperlukan untuk memudahkan dalam manajemen berkas data.Dengan melakukan tindakan ini anda akan dipermudah dalam mengatur berbagai macam data yang anda miliki.Partisi akan mengelompokkan berkas data sesuai dengan yang kita kehendaki.

Proses partisi kali ini adalah yang dilakukan untuk media penyimpanan berupa SDcard.Dengan melakukan partisi terhadap SDcard , anda bisa melakukan pemindahan file lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Link2SD.Kita tahu bahwa untuk memaksimalkan penggunaan Link2SD , SDcard harus dalam keadan Ter-Partisi dan tentunya sudah ada akses Root.Jika anda pengguna Link2SD , nampaknya artikel ini bisa menjadi acuan dalam melakukan partisi guna kelancaran penggunakan aplikasi Link2SD anda.


YANG PERLU DIPERHATIKAN : 


  • SDcard anda minimal 4GB , demi kenyamanan nantinya
  • Langkah ini dilakukan melalui komputer.Sehingga saya sarankan install aplikasi untuk mempermudah proses partisi.Disini saya menggunakan EaseUS Partition Master.Silahkan anda download aplikasi tersebut.Jika anda memakai MiniTool Partition Wizard juga tidak masalah dikarenakan intinya sama saja.
  • Sediakan CARD READER untuk menghubungkan SDcard dengan Komputer.


TUTORIAL :

Saya menyediakan tutorial ini dalam bentuk video supaya bisa lebih jelas.Silahkan anda lihat video dibawah ini.



Load disqus comments

0 comments