Wednesday, July 15, 2015

Cara Atasi Komputer Lemot

asrofims.com - Komputer merupakan salah satu perangkat yang bersifat penting pada era sekarang ini.Bisa dikatakan komputer sangat erat dengan kehidupan manusia.(Baca Juga : Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android).Dengan menggunakan komputer,berbagai macam tugas bisa dilakukan dengan cepat dan tentunya meringankan beban pekerjaan kita.

Kita sebelumnya sudah membahas mengenai masalah lemot pada perangkat android dan bagaimana cara dengan mudah mengatasi masalah tersebut.Pada kesempatan kali ini , akan dibahas masalah lemot yang terjadi pada komputer , dan tentunya disertai dengan cara untuk bisa mengatasi problem tersebut.



Lemot pada komputer jangan di anggap remeh.Masalah ini akan berdampak besar pada produktivitas kita dalam pekerjaan.Mengapa demikian? Sebagai contoh , saya memang untuk sekarang masih berstatus sebagai pelajar.Saya sempat mengalami problem dimana laptop yang saya gunakan tiba-tiba berhenti (bahasa kerennya Not Responding) ketika saya mengerjakan tugas sekolah.Dampak dari kejadian tersebut , pekerjaan saya menjadi kurang optimal dan membuang waktu saya.Bayangkan jika anda mengalami hal tersebut , sedangkan posisi anda lebih tinggi dari seorang pelajar.Dan komputer merupakan modal penting bagi anda.Tentunya akan sangat merepotkan jika masalah tersebut terjadi.

Kenapa komputer bisa menjadi lemot?

Ada banyak faktor yang mengakibatkan komputer menjadi lemot , kita bahas saja faktor yang paling dominan.Faktor ini menurut saya pribadi paling berpengaruh mengakibatkan komputer kita menjadi lambat (lemot)


  • Spesifikasi dari Hardware kurang


Tentunya spesifikasi dari komputer merupakan tolak ukur paling penting jika kita membahas masalah kinerja dari komputer.Komputer dengan spesifikasi tinggi tentunya akan lebih cepat daripada komputer yang memiliki spesifikasi hardware rendah (kurang).



  • Kerusakan Bagian Hardware


Apabila ada salah satu bagian hardware komputer yang rusak , tentunya dampak yang dapat dirasakan adalah menurunnya kinerja komputer atau yang lebih parah lagi komputer tidak bisa digunakan lagi.Misalkan ada kerusakan pada sektor Harddisk , atau lazimnya disebut bad sector.Error semacam ini akan membuat komputer anda menjadi super lemot.



  • Lemot Karena Kekurangan Memori


Tentunya memori yang dibahas adalah RAM.Lag Sistem adalah dampak paling dirasakan apabila komputer kita kekurangan ruang pada RAM.Hal ini sering terjadi pada komputer keluaran lama , saya kira komputer sekarang jarang terjadi masalah seperti ini.



  • Terserang Virus !


Virus tertentu dapat mengakibatkan komputer kita menjad lemot.Virus tertentu ini dapat menggandakan diri secara cepat dan tentunya akan memakan ruang yang sangat besar jika tidak di atasi dengan cepat.



  • Terlalu banyak Program StartUP


Program StartUP adalah program yang akan berjalan saat kompter pertama kali dihidupkan.Apabila program yang berjalan terlalu banyak , hal ini akan mengganggu kinerja sistem dan akan mengakibatkan lag pada sistem.Tentunya lemot terjadi lagi.



  • Terlalu banyak Install aplikasi.


Menginstall aplikasi dengan size besar dan dalam jumlah banyak bisa memakan ruang besar pada harddisk.Secara otomatis proses pembacaan data pada harddisk juga semakin berat.Dan lemot pun terjadi lagi.



  • Lemot dikarenakan File Temp Besar


File Temp , merupakan file data hasil simpanan dari internet.File ini bertujuan untuk meringankan proses download yang lazim dilakukan ketika kita membuka sebuah halaman website (lebih mudahnya adalah ketika kita Browsing).File Temp akan bertambah besar dari waktu ke waktu , dan akan mengakibatkan kinerja dari komputer menurun.


Lalu Bagaimana Cara Agar Komputer Tidak Lemot?

Dari berbagai macam penyebab yang dominan di atas dapat disimpulkan , untuk menjadikan komputer kita lebih cepat adalah sebagai berikut ini.


Selalu Jaga kondisi Hardware Komputer

Yang paling utama adalah selalu jaga kondisi dari hardware komputer anda.Usahakan jangan terlalu lama menggunakan komputer.Anda batasi penggunaan komputer dengan cara membuat jadwal tersendiri.Menggunakan komputer terlalu lama dan terus menerus akan mengakibatkan umur komputer berkurang dan tentuntunya kinerja akan berkurang juga.Usahakan mematikan komputer jika tidak digunakan , jangan cuma di sleep dan di tinggal tidur.


Sesuaikan Spesifikasi Dengan Kebutuhan

Usahakan komputer yang anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan anda.Mengapa demikian? Karena apabila komputer anda tidak sesuai malah akan menambah beban anda dalam pekerjaan.Komputer dengan spesifikasi tidak sesuai akan lambat bila digunakan.


Jangan Install Banyak Aplikasi , Cukup Yang Penting

Jangan memasang banyak aplikasi di komputer anda.Cukup aplikasi yang menurut anda itu perlu dan dapat menunjang pekerjaan anda.Memasang aplikasi yang tidak perlu akan menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi sampah yang hanya menjadikan beban pada sistem.

Gunakan Antivirus Terpercaya , dan Jangan Berlebihan

Gunakan antivirus yang sudah teruji dan terbukti dapat membasmi virus yang ada.Jangan sembarangan menggunakan antivirus , karena sekarang ini banyak anivirus yang ternyata malah membuat masalah baru bagi komputer kita.Jika menggunakan antivirus cukup 1 saja menurut saya , (maksimal hanya 2).Jangan semua antivirus di install , karena hal ini sangat tidak di anjurkan.


Silahkan Bersihkan File Temp yang ada

Untuk membersihkan file ini , anda bisa menggunakan aplikasi bernama CCleaner.Aplikasi ini bisa anda download di webiste resminya disini.Cara penggunaannya juga cukup mudah dan saya kira tidak ada yang perlu di hawatirkan.


Sekian dan semoga artikel ini dapat membantu masalah anda.Terima kasih.
Load disqus comments

0 comments