Wednesday, June 24, 2015

Backup Aplikasi Android Dengan Mudah

asrofims.com - Backup merupakan salah satu tindakan yang sangat penting.Dengan melakukan backup kita bisa menghindari terjadinya kehilangan data secara tidak sengaja.Dengan kata lain backup merupakan tindakan untuk membuat sebuah data cadangan.(Baca Juga :Smartphone Terlalu Panas Karena Beberapa Faktor)

backup-aplikasi-android-mudah-asrofims


Backup Aplikasi Android merupakan sebuah tindakan dimana kita membuat file cadangan untuk aplikasi tersebut.Hal seperti ini bertujuan untuk menjaga data-data dari aplikasi yang kita miliki.Apabila di suatu hari aplikasi pada perangkat kita mengalami error , maka dengan file backup tadi kita bisa mengembalikan keadaan dengan mudah.

File yang sudah di backup akan berbentuk APK , format file yang digunakan untuk menginstall perangkat lunak pada Android.Jadi nanti mekanisme pengembalian data bisa dilakukan dengan cara install ulang aplikasi yang mengalami masalah (error).

Untuk melakukan Backup dan merubah ke bentuk APK , anda bisa menggunakan aplikasi "Clean Master".Saya sering menggunakan aplikasi tersebut karena mudah digunakan dan tanpa harus melalui akses root.Jadi cara ini aman untuk dilakukan pada perangkat Android kita.Anda bisa mencari aplikasi tersebut di Play Store dengan kata kunci "Clean Master".Untuk cara penggunaan sebagai berikut.(Baca Juga : Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android)


  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah install dulu aplikasi Clean Master pada perangkat android anda.Saya sarankan anda download langsung di play strore demi keamanan.

  2. Setelah selesai tahap Installasi , anda buka aplikasi Clean Master , Kemudian klik pada tab menu APP MANAGER.






  3. Anda akan dihadapkan pada halaman APP MANAGER , pilih saja aplikasi yang anda inginkan , centang aplikasi tersebut.Kemudian langsung saja anda klik menu BACKUP yang ada.Tunggu beberapa saat , maka secara otomatis aplikasi anda akan ter-BACKUP.


Untuk melihat dimana hasil Backup , secara default hasil backup akan diletakkan di folder cleanmaster -- backup pada memori internal perangkat anda.Dan supaya lebih aman , anda taruh file hasil backup tersebut pada komputer anda.



Gimana ? mudah kan? selamat mencoba dan semoga berhasil.terima kasih
Load disqus comments

0 comments