Monday, June 22, 2015

Menghemat Konsumsi Baterai Smartphone Android

asrofims.com - Bagi anda pengguna smartphone kususnya android , nampaknya sudah sangat akrab dengan masalah yang satu ini.Ya , daya baterai pada smartphone mudah habis.Hal ini tentunya sangat mengganggu , dimana sekarang banyak orang sudah menggunakan smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

hemat baterai android


Kenapa baterai pada smartphone mudah habis? Hal ini dikarenakan kinerja pada smartphone membutuhkan banyak daya.Selain hal tersebut , dibeberapa jenis smartphone dukungan akan kapasitas baterai juga tidak terlalu beasar.Maka secara otomatis , jangka waktu ketahanan dari baterai juga terbatas.

Nampaknya hal ini disikapi dengan serius oleh developer beberapa produk smartphone yang terkenal di pasaran.Mereka berlomba membuat teknologi yang dapat diterapkan untuk mengurangi penggunaan konsumsi baterai.Dan sudah terbukti dengan keluarnya beberapa smartphone dengan kemampuan demikian ini.



Sementara itu bagi anda yang mengalami masalah ini , ada sedikit tips supaya baterai anda bisa bertahan lebih lama.Beberapa cara ini terbukti dapat mengurangi konsumsi baterai pada Smartphone.Meskipun dampaknya tidak begitu besar , namun lumayan bisa membantu kita dalam menghemat penggunaan baterai.



  • Atur kecerahan pada layar


Pengaturan kecerahan pada layar smartphone sangat penting dalam menjaga daya tahan baterai.Hal ini dikarenakan presentase konsumsi daya pada layar lumayan besar.Bagi anda yang memiliki fitur Auto brightness , sebaiknya anda manfaatkan fitur tersebut karena fitur ini tidak selalu ada di setiap smartphone.Tetapi bagi sebagian orang , mengatur kecerahan layar secara manual dinilai lebih efisien.Mau pilih yang mana? Kembali kepada diri anda masing-masing.Yang penting pengaturan kecerahan pada layar dapat dilakukan.


  • Perhatikan Keadaan Wifi & Bluetooth


Hal ini sering dilupakan bagi sebagian orang.Terkadang Wifi & Bluetooth tetap dibiarkan dalam kondisi menyala.Padahal tindakan ini bisa berakibat pada penurunan daya baterai secara derastis.Jadi usahakan mematikan Wifi & Bluetooth ketika dalam kondisi tidak terpakai.



  • Atur penggunaan data paket , sesuaikan dengan tempat anda berada.


Ketika smartphone android anda tidak terlalu dipakai , sebaiknya matikan saja data paket yang aktif.Cara kerja sistem android adalah mencari sinyal terbaik , apabila lingkungan tidak mendukung akan memaksa sistem untuk bekerja lebih keras.Hal ini tentunya akan menyebabkan bertambahnya penggunaan daya baterai.



  • Hindari penggunaan aplikasi sosial media berlebih.


Cukup install aplikasi sosial media yang menurut anda bisa memberikan manfaat.Jangan semua di Install.Hal ini akan berdampak buruk pada penggunaan daya baterai smartphone anda.Mengapa demikian? Aplikasi sosial media erat kaitannya dengan penggunaan data paket yang sudah saya bahas di atas.



  • Perhatikan Fungsi GPS


Fitur GPS yang ada pada smartphone memang sangat membantu.Dengan fitur ini , anda akan lebih mengetahui rute mana yang seharusnya di ambil.Akan tetapi fitur ini sebaiknya digunakan seperlunya saja.Jangan selalu dihidupkan , karena akan memakan daya baterai lebih besar.




Kemudian bagaimana dengan aplikasi penghemat baterai yang banyak beredar? Menurut saya , ada sebagian aplikasi yang bisa anda coba , misalkan saja fitur Battery Doctor yang ada pada Aplikasi Clean Master.

Yang perlu anda ketahui , tidak ada aplikasi yang bekerja secara optimal.Ada juga aplikasi yang hanya bisa membuat berat kinerja dari RAM smartphone.Dampaknya tentu saja malah membuat baterai menjadi cepat habis.Jadi jangan terlalu terpengaruh dengan aplikasi penghemat baterai.




Load disqus comments

0 comments