Sunday, June 21, 2015

Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

asrofims.com - Kasus kurangnya kapasitas media penyimpanan saya rasa masih sering terjadi pada perangkat android model low end.Perangkat android model low end masih memiliki ruang penyimpanan internal yang kecil ,rata-rata hanya 512MB - 1GB.Hal ini sangat membikin pusing kepala ketika akan melakukan installasi aplikasi.(Baca Juga:Smartphone Terlalu Panas Karena Beberapa Faktor)




Seperti yang telah kita ketahui.Pada perangkat android yang normal (dalam konteks ini masih belum di root) beberapa jenis aplikasi tidak bisa dipindahkan ke SD Card , dan hanya sedikit saja yang bisa.Kalau sudah seperti ini , mau tidak mau harus di root juga perangkat android kita.

Lalu sebenarnya root itu apa sih? Secara sederhana root dapat diartikan dengan memiliki akses sepenuhnya pada sistem.Dengan begitu , kita bisa melakukan apa saja sesuai yang kita kehendaki pada sistem tersebut.Saya sarankan untuk membaca tentang bahaya-bahaya melakukan rooting sebelum anda ingin melakukan hal tersebut.Karena proses rooting yang salah telah memakan banyak korban dan dikategorikan berbahaya bagi device kita.

Jika anda tidak mau mengalami kasus kurangnya media penyimpanan seperti ini , nampaknya kata berikut ini bisa jadi acuan.Jangan langsung main root di android anda.Untuk orang awam (ya seperti saya ini) disarankan tidak usah terlalu mengandalkan rooting pada android(Untuk kasus tertentu rooting boleh dilakukan.).Karena sudah saya tekankan hal tersebut berbahaya.Lebih baik ada perencanaan dahulu sebelum membeli perangkat Android.


  • Kenali spesifikasi perangkat sebelum di beli , lihat apakah sesuai dengan kebutuhan anda.


Untuk yang terlanjur beli.jangan baca bagian ini.Untuk meminimalisir rasa kecewa anda dikarenakan kurangnya media penyimpanan internal , saya sarankan melihat dulu spesifikasi perangkat yang mau anda beli.Samakan dengan kebutuhan anda kelak.Jika hanya ingin menggunakan perangkat android untuk telfon dan sms , saya rasa cukup membeli perangkat dengan media penyimpanan  antara 512 MB - 1GB.Sedangkan jika anda seorang yang ambisius dengan teknologi , tentu saja anda harus menyediakan uang lebih untuk membeli perangkat dengan spesifikasi yang lebih.



Terus bagaimana jika saya sudah membeli perangkat , dan saya mengalami hal ini?Tenang saja , masalah ini masih ada jalan keluarnya.Beberapa hal yang dapat anda lakukan jika mengalami hal ini adalah sebagai berikut.Saya bagi untuk versi root akses dan tanpa root akses.

TANPA ROOT AKSES : (TERBATAS)


  • Lakukan Manager aplikasi dengan benar.


Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan membatasi aplikasi apa saja yang di install.Lihat sesuai dengan kebuthan anda.Di usahakan aplikasi seperti foto editor , launcher dan games tidak usah di install terlalu banyak.Untuk menyiasati editing foto dan bermain game bisa dilakukan di depan komputer (PC).


  • Nonaktifkan aplikasi bawaan yang jarang dipakai.



Hal ini hanya dapat dilakukan di beberapa aplikasi saja.Dengan kata lain tidak bisa dilakukan di semua aplikasi bawaan.Untuk cara mematikan aplikasi , anda bisa langsung melihat di bagian Application Manager


  • Matikan Auto update pada Play Store.



Mematikan auto update dapat menghindari penggunaan media penyimpanan yang tidak disadari.Untuk mematikannya anda bisa langsung melihat di menu pengaturan Play Store.


  • Pindah aplikasi yang bisa dipindah secara maksimal



Mungkin ada beberapa aplikasi yang bisa di pindah langsung ke SD Card , lakukan pemindahan semua aplikasi yang bisa dipindah.Hal ini dapat mengurangi volume penyimpanan di memori internal.

DENGAN ROOT AKSES : (LUAS)

Hal ini bisa dilakukan hanya untuk perangkat yang telah berhasil di root.Silahkan cek dulu perangkat anda sudah berhasil di root atau belum dengan aplikasi yang bernama Root Checker (download di play store).Penampakan pada aplikasi apabila sudah berhasil di root akan seperti ini.



Jika sudah , pada Play Store silahkan anda cari aplikasi dengan nama Link2SD , Silahkan melakukan pemindahan ke SD card dengan aplikasi tersebut.Caranya cukup mudah kok , saya yakin anda semua bisa melakukan langkah-langkahnya.



Masalah yang mungkin anda hadapi saat pertama kali melakukan pemindahan menggunakan Link2SD adalah tombol Link to SD card tidak berfungsi yang berfungsi hanya bagian Move to SD card.Perlu anda ketahui , kedua tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda.Hal ini dikarenakan memori SD card harus di partisi terlebih dahulu untuk fitur tersebut (Link to SD card).Akan tetapi Fungsi dari tombol Move to SD card menurut saya sudah lumayan membantu.



Sekian artikel kali ini , semoga bisa memberi manfaat.Terima kasih



Load disqus comments

4 comments