Sunday, June 21, 2015

Smartphone Terlalu Panas Karena Beberapa Faktor

asrofims.com - Panas pada smartphone kususnya Android memang merupakan hal yang bisa dibilang wajar dalam beberapa kasus.Itu dikarenakan smartphone menjalankan berbagai macam fungsi secara bersama dalam satu waktu.Kinerja dari perangkat keras smartphone (Android) otomatis berjalan terus-menerus guna mencukupi kebutuhan sehari-hari , entah itu telfon , sms , ataupun main game.Jadi wajar saja kalau perangkat kita menghasilkan panas.Hal yang seperti ini sudah lumrah di masyarakat luas.(Baca Juga:Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android)

android cepat panas asrofims


Kita tahu bahwa belakangan ini banyak orang mencari cara agar dapat mengatasi masalah panas pada perangkat smartphone (Android) mereka.Terus berapa sih suhu wajar pada smartphone (Android) itu? Bagaimana cara kita mengetahui suhu dari smartphone (Android) ? mengapa suhu smartphone (Android) bisa sampai over ? kira kira dampak yang ditimbulkan dari suhu yang terlalu tinggi itu apa? kemudian yang paling penting , Bagaimana cara mengatasi suhu pada smartphone(Android) yang terlalu panas tersebut?

Menurut saya pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terdenganr di telinga dan setiap bertemu seseorang untuk membicarakan masalah gadget mereka selalu mengalami problem yang sama , yaitu Panas Berlebih Pada Smartphone(Android) .


android cepat panas

  • Berapa sih suhu wajar pada Smartphone ?


Pertanyaan yang satu ini merupakan pembuka dari bahasan kita kali ini.Suhu yang wajar untuk smartphone itu relatif.Kenapa dibilang relatif? Karena menurut saya tidak ada patokan pasti tentang berapa nilai yang lazim digunakan.Smartphone dengan tipe dan kondisi perangkat keras yang berbeda tentunya akan menghasilkan nominal yang berbeda pula.Meskipun demikian anda dapat memperkirakan sendiri dengan cara merasakan di genggaman tangan anda jika smartphone (Android) tersebut menghasilkan panas yang tidak wajar.


  • Bagaimana cara kita Mengetahui Suhu dari Smartphone itu?


Seperti yang tertera pada pertanyaan sebelumnya.Untuk mengetahui suhu wajar atau tidak sebenarnya bisa dirasakan melalui genggaman tangan.Tetapi ada aplikasi kusus yang bisa memantau nominal suhu yang dihasilkan smartphone (Android) anda.Saya pernah mencoba CPU-Z.Aplikasi ini saya rasa patut untuk anda coba dan bisa anda download di play store.Aplikasi ini bisa memantau suhu yang dihasilkan dari penggunaan baterai smartphone.Data suhu dari baterai akan ditampilkan secara realtime oleh aplikasi ini.





  • Mengapa suhu dari smartphone bisa sampai over terlalu panas?


Ada beberapa faktor yang meyebabkan smartphone menjadi terlalu panas.Faktor paling utama adalah tentang penggunaan aplikasi.Penggunaan aplikasi yang berlebihan akan membuat kinerja smartphone lebih berat.Aplikasi itu bisa game , media sosial ataupun yang lainnya.Aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk berjalan dapat menjadikan smartphone anda lebih panas.Mengapa demikian? Sudah bisa ditebak.Aplikasi yang membutuhkan koneksi internet untuk berjalan , kususnya aplikasi media sosial / message (BBM , Facebook , Twitter , Whatsapp , Line , Patch , Dll) akan terus berjalan meskipun ditutup.Secara otomatis akan memakan energi baterai lebih besar dan akan menjadikan suhu baterai menjadi meningkat.Selain itu , aplikasi tersebut akan mempengaruhi kinerja processor dari smartphone , yang akan berdampak pada meningkatnya suhu pada processor.

android cepat panas



Faktor lain adalah kesalahan cara mengisi ulang baterai.Banyak diantara kita yang kurang menyadari tentang cara yang tepat bagaimana melakukan pengisian ulang baterai.Hal ini sangat berbahaya bagi smartphone dan diri kita secara pribadi.Kesalahan dalam pengisian ulang baterai dapat mengakibatkan baterai meledak.Tentunya tidak ada yang mau mengalami hal semacam itu kan.

Satu lagi faktor yang menurut saya sangat berpengaruh.Yaitu terlalu berlebihan dalam bermain game.Bermain game berjam-jam sangat beresiko.Saat bermain game terlalu lama suhu smartphone akan meningkat secara drastis.Hal ini bukan tanpa alasan.Bermain game membutuhkan dukungan tinggi dari hardware smartphone , apalagi jika game tersebut game online dengan grafis tinggi.

  • Apa dampak yang ditimbulkan oleh suhu smartphone yang terlalu panas?


Dampak yang akan timbul bermacam-macam.Mulai dari melemahnya kinerja smartphone anda sampai yang paling ekstrim yaitu smartphone anda meledak.Dampak yang ditimbulkan akan berbeda-beda.Tetapi semua itu tentunya sangat merugikan diri kita.


Kemudian yang paling penting

  • Bagaimana cara untuk mengatasi smartphone agar tidak terlalu panas?


Hal yang mungkin bisa kita lakukan tentunya banyak.Tapi lakukan saja yang paling penting dan bisa terlihat secara langsung hasilnya.Berikut merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan agar smartphone tidak terlalu panas.


  1. Jangan Install terlalu banyak aplikasi sosial media / Message( Facebook , Twitter , Line , Whatsapp , BBM , Dll).Cukup yang menurut anda berguna.
  2. Hindari mengisi ulang di atas kasur , usahakan di tempat yang datar dan banyak terdapat sirkulasi udara
  3. Jangan terlalu berlebihan dalam bermain game.Lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat
  4. Selalu lakukan Clean terhadap file sampah yang ada
  5. Gunakan fitur Power Saving jika tersedia
  6. Gunakan Charger yang original , jangan bajakan.

Sekian artikel kali ini.Semoga bisa memberi manfaat.Terima kasih!
Load disqus comments

2 comments